Halo sahabat traveler

Sebagai seorang traveler kalian pasti tau dong kalau Kota Bandung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik pastinya. Salah satu nya Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda

 

Mengenal Taman Hutan Ir. H. Djuanda

Kalian sudah tau belum sih Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda itu?

Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda Bandung atau yang lebih dikenal dengan nama Tahura Djuanda adalah salah satu hutan raya yang menjadi kawasan konservasi alam di Kota Bandung. Lokasi hutan konservasi ini dekat dengan pusat Kota Bandung. Dengan memiliki luas mencapai 590 hektar dan berada diketinggian 770-1.330 meter membuat Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda ini memiliki udara yang cukup sejuk dan menarik minat para wisatawan.

Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda ini menjadi paru-paru bagi Kota Bandung. Terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman. Jenis Tanaman di Tahura Djuanda ini terdiri dari 112 species dan 40 familia. Dengan banyaknya jenis tanaman ini, Tahura bisa dijadikan sebagai tempat belajar. Oleh karena itu, Tahura Djuanda menjadi tempat wisata edukasi dan wisata alam.

 

Mengenal Ir.H.Djuanda

Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja (Ir. H. Djuanda) adalah perdana menteri Indonesia ke 10 atau perdana menteri yang terakhir. Ia sangat berjasa dalam Deklarasi Djuanda tahun 1957. Dalam Deklarasi Djuanda, ia menyatakan bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitarnya, diantara dan didalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI atau yang lebih dikenal dengan sebutan sebagai negara kepulauan dalam konvensi hukum laut ( Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut).

Karena jasanya ini, nama Ir.H. Djuanda pun diabadikan menjadi nama hutan raya yang ada di Kota Bandung, yaitu Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

 

Obyek wisata Tahura Djuanda

Terkenal dengan suasanya yang tenang dan asri, Tahura Djuanda ini juga memiliki beberapa spot dan kegiatan rekreasi yang  tidak kalah menariknya. Berikut ini beberapa obyek wisata yang ada di Tahura Djuanda

 

Goa Belanda

Goa Belanda merupakan Goa peninggalan masa Penjajahan Kolonial Belanda di Indonesia. Goa ini didirikan pada tahun 1912. Goa Belanda ini terletak sekitar 1 kilometer dari pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (gerbang Dago Pakar). Awalnya Goa Belanda ini merupakan sebuah terowongan untuk menyadap air aliran sungai Cikapundung. Saat masa Perang Dunia ke II, Goa Belanda ini di manfaatkan sebagai station radio telekomunikasi Belanda. Kemudian Pada masa       kemerdekaan, Goa Belanda ini dimanfaatkan sebagai fasilitas militer. Goa Belanda sudah mengalami beberapa renovasi yang membuatnya terlihat lebih modern.

 

Goa Jepang

Goa Jepang merupakan Goa  peninggalan masa Penjajahan Jepang di Indonesia. Goa ini didirikan pada tahun 1942. Goa Jepang ini dahulunya di bangun oleh para pekerja paksa atau yang dikenal dengan romusha. Goa Jepang terletak sekitar 600 meter dari pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (gerbang Dago Pakar). Keadaan Goa Jepang ini masih sama seperti aslinya dan tidak mengalami renovasi.

 

Tebing Keraton

Salah satu obyek wisata yang ngehits di Tahura adalah Tebing Keraton. Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang berada di kawasan Tahura Djuanda, lebih tepatnya terletak di Kampung Ciharegem  Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Tebing Keraton ini memiliki pemandangan hutan hijau yang menakjubkan. Tebing Keraton sangat cocok bagi sahabat traveler yang sudah penar dengan aktifitas kesehariannya.

 

Penangkaran Rusa

Selanjutnya ada Penangkaran Rusa. Jika sahabat traveler sedang berlibur ke Tahura Djuanda, jangan lupa untuk mampir ke Penangkaran Rusanya. Disini sahabat traveler bisa menikmati aktifitas di tahura sambil memberi makan-makan rusa tutul yang lucu.

 

Selain obyek wisata diatas, Tahura Djuanda masih memiliki obyek wisata lainnya. Obyek wisata tersebut antara lain adalah Curug Dago, Curug Omas, Curug Lalay, dan Museum Ir.H.Djuanda.

 

Lokasi Taman Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung ini terletak di Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198.

Kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini sangat luas. Oleh karena itu Tahura Djuanda memiliki beberapa akses pintu masuk, diantaranya adalah Gerbang  di Dago Pakar, Gerbang di Maribaya Lembang, dan pintu masuk PLTA Bengkok.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Taman Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini beroperasi Setiap Hari pada pukul 08.00-16.00.

Untuk bisa masuk ke Taman Hutan Ir. H. Djuanda ini, sahabat traveler diwajibkan untuk membayar tiket masuk Taman Ir. H. Djuanda. Berikut ini adalah harga tiket masuk ke Taman Ir. H. Djuanda

 

Kontak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

Website : Tahuradjuanda.jabarprov.go.id

Instagram : tahuradjuanda.official

Facebook : TahuraDjuanda

Reservasi Tiket : www.tahuraworld.com

Recent Posts

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News