Halo sahabat traveler

Sebagai seorang traveler kalian pasti tau dong kalau Kota Bandung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik pastinya. Salah satu nya yaitu Situ Patenggang.

Mengenal Situ Patenggang

Situ patenggang atau yang dikenal juga dengan Situ Patengan merupakan sebuah danau yang terletak di Bandung Selatan. Terletak di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut, membuat danau ini memiliki udara yang sejuk.

Situ dalam bahasa sunda berarti danau. Patengan atau Patenggang dalam bahasa sunda berarti pateang-teang (saling mencari). Nama Situ Patenggang ini berdasarkan dari legenda Sunda tentang kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis.

 

Legenda Situ Patenggang

Menurut legenda, Ki Santang dan Dewi Rengganis saling jatuh cinta, tetapi mereka harus terpisah. Bertahun-tahun telah berlalu hingga akhirnya mereka bertemu kembali di sebuah tempat yang bernama Batu Cinta. Untuk merayakan pertemuan mereka, Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuatkannya sebuah danau dan perahu.

Danau yang dibuat oleh Ki Santang itu menjadi Situ Patenggang dan  perahu itu menjadi sebuah pulau kecil bernama Pulau Asmara (Pulau Sasaka). Menurut legenda, jika ada sepasang kekasih yang mengunjungi Batu Cinta, mereka akan memiliki cinta yang abadi.

Daya Tarik Situ Patenggang

Situ Patenggang ini menjadi salah satu wisata alam di Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena daya tariknya. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat di lakukan oleh sahabat traveler ketika berkunjung ke Situ Patenggang

  1. Menikmati keindahan panorama Situ Patenggang

Berada diketinggian 1600 meter dari atas permukaan laut membuat Situ Patenggang ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Selain terdapat danau, Situ Patenggang ini dikelilingi oleh hamparan kebun teh yang berjajar rapi sehingga membuat Situ Patenggang memiliki pemandangan yang asri dan eksotis. Disini sahabat traveler bisa berswafoto dengan latar belakang danau atau kebun tehnya yang indah

 

  1. Mengelilingi danau

Situ Patenggang menyediakan fasilitas transportasi air seperti perahu dan sepeda air. Jika sahabat traveler ingin menjelajahi Situ Patenggang dengan mengelilingi danaunya, sabahat traveler bisa menyewa sebuah perahu atau sepeda air yang disediakan oleh Situ Patenggang.

 

  1. Memancing

Memiliki air yang tenang, menjadikan danau ini menjadi habitat yang tepat untuk berbagai jenis ikan tawar. Sahabat traveler yang hobi memancing, bisa berlibur sambil memancing di Situ Patenggang ini.

 

  1. Menikamati makanan sambil melihat pemandangan dari atas kapal Phinisi

Di Situ Patenggang terdapat sebuah Kapal Phinisi raksasa. Kapal ini menyediakan sebuah tempat makan dengan menu khas Sunda. Selain itu, sahabat traveler bisa menikmati pemandangan Situ Patenggang dari atas kapal yang menjadikan kapal ini menjadi spot foto yang instagramable . Banyak wisatawan yang berfoto dari atas kapal dengan latar belakang danau dan Gunung Patuha.

 

  1. Mengunjungi Batu Cinta

Terkenal dengan legenda kisah cinta anatar Ki Santang dan Dewi Rengganis menjadikan Situ Patenggang sebagai salah satu obyek wisata yang menarik. Di pulau Asmara yang berada di Situ Patenggang tedapat sebuah tempat yang bernama Batu Cinta. Batu Cinta ini merupakan tempat bertemunya kembali Ki Santang dan Dewi Rengganis. Oleh karena itu, Batu Cinta ini menjadi simbol cinta sejati.  Menurut legenda, jika sepasang kekasih berkunjung ke Batu Cinta maka mereka akan memiliki cinta yang sejati.

 

 

 

Fasilitas Situ Patenggang

Demi kenyamanan wisatawan selama berlibur, Situ Patenggang menyediakan fasilitas umum seperti mushola, toilet, tempat parkir. Selain itu Situ Patenggang juga menyediakan toko cendramata dan penginapan untuk para wisatawan yang ingin bermalam disana.

 

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Sahabat traveler yang ingin menikmati keindahan danau ini dikenakan biaya tiket masuk. Berikut ini adalah harga tiket masuk ke Situ Patenggang

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk lokal  Rp    25.000
Tiket masuk wisman  Rp    50.000

 

Lokasi Situ Patenggang

Wisata alam ini berlokasikan di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat . Jika dari arah Kota Bandung, dibutuhkan waktu satu jam diperjalanan untuk sampai ke Situ Patenggang. Lokasinya tidak jauh dari obyek wisata lain yang ada di Ciwidey.

Recent Posts

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News