Halo sahabat traveler

Kalian tau gak sih apa itu Awug? Mungkin dari sebagian sahabat taveler sudah ada yang tau ya apa itu Awug

Awug merupakan makanan tradisional khas sunda berupa kue yang terbuat dari tepung beras, kelapa, aroma daun pandan dan gula merah. Menurut sejarahnya Awug merupakanan makanan tradisional khas Sunda yang berasal dari wilayah pedalaman. Biasanya masyarakat lokal membuat Awug ini saat panen telah usai.

Cara membuat Awug ini adalah dengan dikukus didalam aseupan (kukusan berbentuk lancip). Aseupan ini merupakan kukusan yang terbuat dari anyaman bambu. Bahan-bahan membuat awug ini hampir sama dengan membuat kue putu, namun kue putu dikukus dalam bambu kecil berbentuk silinder sedangkan awug dikukus dalam wadah berbentuk lancip, sehingga membuat bentuk Awug lancip sama seperti Tumpeng. Dengan dikukus menggunakan aseupan ini membuat awug mengeluarkan aroma yang lebih wangi dibandingkan dikukus dengan perabotan lainnya.

Proses pembuatan awug ini memakan waktu yang cukup lama. Beras direndam selama beberapa jam, kemudian digiling sampai halus hingga menjadi tepung. Setelah itu dikukus setengah matang dan didiamkan beberapa menit. Selanjutnya dikukus kembali bersama gula merah menggunakan aseupan. Setelah matang, Awug disajikan bersama parutan kelapa dengan menggunakan alas berupa daun.

Adonan Awug biasanya dibuat berlapis yang terbentuk dari dua warna yaitu putih dari tepung beras dan warna coklat dari gula merah. Awug memiliki rasa yang manis dan sangat cocok jika dimakan dalam keadaan masih panas. Awug termasuk kedalam makanan ringan. Awug sangat cocok dijadikan camilan, baik camilan pagi hari, sore hari atau pun malam hari.

Sahabat traveler yang ingin mencoba Awug ini dapat menjumpainya di sejumlah sudut kota Bandung dengan harga yang beragam

Recent Posts

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News