Anda yang menyukai makanan khas Jawa Barat khususnya Bandung tidak asing dengan makanan yang bernama batagor, Batagor sendiri adalah sejenis jajanan bakso tahu goreng yang dipadukan dengan bumbu kacang yang harum, rasanya yang gurih dan menggugah selera.

Berbicara tentang batagor, ada cerita menarik tentang pembuatan masakan dengan cita rasa istimewa ini. Batagor adalah kelezatan tak disengaja yang dibuat oleh seorang perantau dari Jawa Tengah , Kang Isan yang berimigrasi ke Bandung sekitar tahun 1973.

Bahan batagor pada dasarnya berupa tahu, adonan tepung tapioka dan irisan ikan tenggiri dan siomay pangsit.

Batagor lahir secara tidak sengaja pada tahun 1973, Kang Isan adalah seorang pedagang bakso tahu di dekat Jalan Kopo di Bandung. Pada suatu hari bakso tersebut tidak laku, sehingga muncul ide sederhana dan menggoreng sisa bakso tersebut.

Awalnya, dia membagikannya ke tetangga tetapi mereka sangat menyukainya. Bahkan, ada tetangga yang meminta untuk membuatnya lagi. Melihat antusiasme tersebut, Kang Isan mencoba berjualan bakso tahu goreng dengan bola tahu yang biasa ia jual. Tak disangka peminatnya banyak, bahkan jualan bakso tahu goreng lebih menguntungkan daripada jualan bakso tahu saja.

Seiring berjalannya waktu, Kang Isan membuka toko batagor sendiri di Jalan Bojongloa. Batagor Kang Isan disebut batagor H. Isan yang dikelola langsung oleh Kang Isan dan anak-anaknya.

Namun, Kang Isan telah meninggal dunia sejak 2010. Meski begitu, jasanya dalam menciptakan batagor telah menginspirasi banyak orang dan patut untuk dikenang. Kang Isan juga dikenal sebagai ‘Bapak Batagor Indonesia’. Batagor juga dikenal banyak orang Indonesia dan tersebar luas di berbagai kota di Indonesia

Recent Posts

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News