Halo sahabat traveler

Sebagai seorang traveler kalian pasti tau dong kalau Kota Bandung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik pastinya. Salah satu nya yaitu Alun-Alun Kota Bandung.

Apa sih Alun-Alun Kota Bandung itu?

Alun-Alun Kota Bandung merupakan pusat Kota Bandung yang dicirikan oleh sebidang tanah yang luas. Alun- Alun Bandung berlokasikan di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasi Alun-Alun Bandung ini berdampingan dengan Masjid Raya Bandung dan bersebrangan dengan Gedung Kantor Pos Besar Bandung. Letaknya juga tidak jauh dari mall ternama di Jalan Braga yaitu Braga City Walk serta pusat perbelanjaan Pasar Baru.

Alun-Alun Kota Bandung ini dibangun pada tahun 19811 bersamaan dengan pengembangan Kota Bandung di bawah kepemimpinan sang Pendiri Kota Bandung yaitu Bapak Bupati Wiranatakusumah II. Hingga tahun 2014, Alun-Alun berwujudkan taman luas yang dilengkapi air mancur sebagai salah satu simbol Kota Bandung.

Lalu semenjak Ridwan Kamil  menjadi wali kota, Alun-Alun Bandung mengalami renovasi besar-besaran. Alun-Alun Kota Bandung yang dulunya berwujud taman dengan pot-pot besar berisi tanaman hias berganti menjadi lapangan rumput sintesis yang luas.

Alun-Alun kini semakin cantik dan kekinian, tempat ini menjadi tempat wisata yang ramai, terutama saat akhir pekan. Ada beberapa hal yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Alun-Alun Bandung. Berikut hal-hal yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Alun-Alun Bandung

  1. Bersantai diatas rumput sintesis

Daya tarik utama dari Alun-Alun Bandung adalah wujudnya yang merupakan Lapangan Rumput yang hijau. Siapapun yang mengunjungi Alun-Alun Bandung dapat menikmati waktu dan berekreasi. Disisi utara terdapat permainan anak yang dilengkapi dengan wahana permainan yang edukatif. Sedangkan disisi selatan, terdapat taman dengan bangku-bangku. Semua pengunjung dapat menikmati Alun-Alun sesuai keinginannya. Akan tetapi, seluruh pengunjung diharuskan untuk melepas sepatu atau sandalnya ketika bersantai atau berekreasi di lapang rumput sintesis ini.

 

  1. Menara kembar Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung memiliki ciri khas berupa kubah yang berwarna emas dan dua menara yang menjulang disebelah kanan dan kirinya. Selain untuk beribadah, Masjid Raya Bandung ini juga menjadi tempat wisata. Wisatawan bisa naik ke puncak menara Masjid Raya Bandung. Dengan membayar tiket yang cukup murah, wisatawan dapat naik ke atas menara dengan menggunakan lift. Diatas menara, wisatawan dapat menikmati pemandangan Alun-Alun serta Kota Bandung. Akan tetapi, wisatawan tidak dapat naik ke puncak menara pada pagi hari, malam hari, dan pada waktu shalat Jumat . Pengunjungnya pun dibatasi agar tidak membebani lift

 

  1. Hunting foto di kawasan Asia Afrika

Disekitar kawan Alun-Alun Bandung terdapat Jalan Asia Afrika. Jalan Asia Afrika dapat dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Disepanjang jalan Asia Afrika ini terdapat banyak bangunan lama yang bergaya kolonial. Selain itu, di jalan ini pun terdapat dinding-dinding dengan desain grafis. Para wisatawan pun dapat berfoto dengan orang-orang yang memakai kostum seperti superhero, princess, bahkan ada yang menggunakan kostum hantu.

 

  1. Wisata Belanja

Bagi wisatawan yang senang berbelanja, dikawasan sekitar Alun-Alun Bandung terdapat sebuah tempat belanja yang sangat menarik yaitu The Kings Shopping Center, Grand Yogya Kepatihan, dan di sepanjang jalan Dalam Kaum. Para wisatawan dapat berbelanja baju, sepatu, tas, mainan anak, makanan, dan masih banyak lagi. Selain itu, tak jauh dari Alun-Alun Bandung terdapat Braga City Walk dan Pasar Baru yang dapat menjadi tempat wisata belanja yang tak kalah menariknya.

Recent Posts

Related Posts

If you enjoyed reading this, then please explore our other articles below:

Back to News